Untuk Segala Sesuatu di Bawah Langit Ada Waktunya

IMG_6766
Di sela-sela liputan gala premier film Asal Kau Bahagia, aku berfoto di Kapal Pesiar Genting Dream dari Singapura-Malaysia-Singapura, Jumat (21/12/2018).

Pengkhotbah bilang bahwa untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam.

Lalu ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; dan masih banyak lagi daftar yang disampaikan Pengkhotbah.

Semua itu bukan omong kosong. Aku berkata seperti itu, karena aku telah mengalaminya sendiri. Beberapa tahun lalu, ketika masih menjadi anak baru di sebuah media, aku ditugaskan langsung oleh atasan untuk meliput sebuah acara di Bali. Aku kegirang-girangan, karena sudah lama tidak liputan ke luar kota.

Namun, beberapa hari kemudian, salah satu senior aku mengatakan via WhatsApp bahwa ada seorang teman yang belum mendapat giliran liputan ke luar kota. Singkat cerita–aku lupa apa yang terjadi setelah WhatsApp dari senior aku–atasan aku mengalihkan penugasan ke teman yang belum mendapat giliran itu.

Aku kecewa, tapi enggak sampai sedih dan marah. Aku hanya menyesalkan kesimpangsiuran penugasan liputan. Itu saja dan aku kembali menyelesaikan pekerjaan seperti sediakala. Sampai akhirnya aku hamil dan tidak bisa ke mana-mana. Atasan aku bahkan bilang, “Ajeng, kamu mau apa? Kalau liputan ke luar kota, kamu lagi hamil.”

“Ya, enggak apa-apa, Mbak. Aku udah trimester ketiga, enggak bisa naik pesawat.”

Kalau tidak salah ingat, demikian percakapan yang terjadi antara aku dan atasan. Waktu terus berlalu, aku pun pindah tempat kerja. Di kantor baru, kesempatan liputan ke luar kota sama sekali tidak ada. Aku toh juga tidak mengharapkannya. Aku punya tujuan lain yang lebih menyita perhatian.

Selang dua tahun, aku pindah kerja lagi. Peluang liputan kembali hadir, karena aku kembali menjadi wartawan. Betapa bahagia, aku mendapat tugas liputan ke luar kota dan luar negeri beberapa kali di tahun pertama bekerja. Memasuki tahun kedua, atasan aku bahkan mengatakan sesuatu yang sangat mengasyikan.

Ketika aku liputan di sebuah sore, atasan aku mengirim WhatsApp.

Jeng, gmn i**t? Aman?

Msh liputan, Mas.

Jeng mau ke Bangkok, gak?

Mau, Mas. Hehe.

Ya udah mulai sekarang belajar seluk beluk *sensor sebuah merek ponsel* ya. Jalan tanggal *sensor* ya.

Oke Mas.

Girang. Setelah dia dan salah satu temanku berturut-turut liputan ke luar negeri di awal tahun, aku masuk giliran kembali. Salah satu temanku juga bilang begini di WhatsApp.

Jeng nanti pelajarin ya yg diloncing besok itu *sensor sebuah merek ponsel*. Cari tau aja dari skrg2 ini specsnya.

Senang sekali punya rekan kerja yang mau memberikan kesempatan aku untuk belajar. Dan, kembali lagi ke awal, seperti kata Pengkhotbah, segala sesuatu di bawah langit ada waktunya. Aku mungkin enggak dikasih apa yang aku mau saat itu juga, tapi nanti. Ketika aku sabar, sesuatu itu akan diberikan lebih indah dari yang aku minta. Tuhan Maha Baik.

One thought on “Untuk Segala Sesuatu di Bawah Langit Ada Waktunya

  1. Betul,mbak….
    Nice article…….
    Salam Musik Indonesia…

    New Release:
    REGI WEKING – Cintamu Bukan Untukku (CBU)

    Singer : REGI WEKING (Ex-Vocalist Grup Heavy Metal “GARUDA FORCE” )
    Songwriter : REGI WEKING
    Genre : Rock Ballad
    Tersedia di :
    • https://itunes.apple.com/album/id1304637464 (iTunes) 
    •https://open.spotify.com/artist/0rNuoieuXcc3A8YwsOkNA0?fo=1 (Spotify)

    .
    Terimakasih
    .
    #RegiWeking
    #CintamuBukanUntukku
    #CBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s