Review Serial Romance Is a Bonus Book: Kehidupan Baru Perempuan Bercerai

(Sumber: YouTube tvN Drama)

Seperti rumah, ada sudut-sudut di Bumi yang memberikan rasa mengigil pada penghuninya. Dunia kerja juga terasa begitu dingin bagi Kang Dan Yi (Lee Na Young) dalam drama Korea Romance Is a Bonus Book. Ia adalah perempuan yang telah rehat berkarier selama tujuh tahun untuk menjadi ibu rumah tangga.

Setelah bercerai dengan suaminya, Kang Dan Yi kembali melamar pekerjaan di usia 37 tahun demi membiayai anaknya. Meski ia seorang sarjana dan pernah meraih prestasi di awal berkarier, Kang Dan Yi terus-menerus gagal mendapatkan pekerjaan.

Lima puluh perusahaan menolaknya. Alasannya, Kang Dan Yi sudah tujuh tahun menganggur demi menjalankan tugas mulia: mengurus anak, suami, dan rumah. Sampai suatu hari, Kang Dan Yi mendapat info lowongan pekerjaan untuk tim pembantu di perusahaan penerbit buku Goryeo.

Persyaratannya sederhana: tidak mementingkan latar belakang pendidikan dan umur. Demi dirinya dan anaknya, Kang Dan Yi melepaskan semua gelar dan prestasinya di masa lalu. Saat melamar ke Goryeo, Kang Dan Yi mengaku sebagai lulusan SMA.

Kang Dan Yi akhirnya lolos. Esainya tentang dirinya sendiri telah menyentuh hati pemilik perusahaan. Kang Dan Yi menulis:

Kang Dan Yi, kita sudah melewati 37 tahun bersama. Namun, kau lihat, aku masih belum begitu mengenalmu. Jadi, mulai sekarang, aku ingin lebih mengenalmu. Aku tahu kau sudah berusaha, Kang Dan Yi. Maaf, aku kurang menghargaimu. Maaf, aku salah memperlakukanmu. Maaf, aku membuatmu rendah diri. Maaf, membuatmu bekerja terlalu keras. itu pasti sulit bagimu. Kau pasti ingin menangis. Tapi kau selalu tersenyum.

Terima kasih sudah tetap kuat, Kang Dan Yi. Dan itu sebabnya, mulai sekarang aku ingin kau bahagia. Lupakan masa lalu, hiduplah untuk masa kini. Setiap hari, pikirkan masa depanmu. Apa yang mau kau lakukan? Dan apa yang kau sukai? Cari jawabannya lagi. Harus, ya? Sekali lagi, kau bisa. Tetaplah kuat sampai akhir.

Di Goryeo, Kang Dan Yi menjadi manusia baru. Seperti formula yang dipakai pada drama Korea lainnya, Romance Is a Bonus Book juga membuat Kang Dan Yi sekantor dan serumah dengan teman masa kecilnya, Cha Eun Ho (Lee Jong Suk).

Namun, serial ini lebih dari sekadar kisah cinta beda usia antara perempuan matang yang telah bercerai dengan laki-laki muda yang belum menikah. Drama Korea Romance Is a Bonus Book mengingatkan saya pada Arini dan Nick dalam novel Arini, Masih Ada Kereta yang Akan Lewat karya Mira W. Ada persoalan lain yang ingin diangkat serial ini, yaitu tentang perempuan yang belajar memaafkan kegagalan pernikahan pertama dan menjadi manusia baru.

Selain esai di atas, ada ucapan lain dari Kang Dan Yi yang saya suka. Suatu malam, ketika Kang Dan Yi mengobrol dengan Cha Eun Ho, Kang Dan Yi berkata, “Rasanya seperti aku memulai hal yang baru. Kau tau apa yang sangat aku suka?”

Kang Dan Yi menjawab pertanyaan sendiri, “Eun Ho.”

“Eun Ho,” ucapnya lagi.

“Kau mabuk?” tanya Cha Eun Ho.

“Kau tahu orang-orang sekarang memanggilku dengan nama,” kata Kang Dan Yi.

“Apa maksudmu?” ujar Cha Eun Ho.

Pikiran Kang Dan Yi kemudian melayang ke masa-masa dia masih berumah tangga. Kala itu, dia dipanggil dengan banyak sebutan, mulai dari sayang, ibu, sampai ibunya Hong Jae Hui—nama anak perempuan Kang Dan Yi.

“Selama ini, tak ada yang memanggilku dengan nama. Kang Dan Yi, aku juga punya nama. Tak ada yang memanggil namaku. Tapi sekarang orang-orang memanggil namaku. Rasanya aneh dipanggil nama,” ungkap Kang Dan Yi.

Perempuan, entah dia seorang ibu, istri, lajang, maupun bercerai, ia tetap merindukan dirinya sendiri. Ia mendambakan momen-momen aktualisasi diri dan memiliki peran di tengah masyarakat, tanpa embel-embel nama anak maupun nama belakang suami.

Nah, berikut ini salah satu original sound track favorit saya di serial Romance Is a Bonus Book.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s